5 Tips Ini Efektif Memilih Wallpaper Untuk Rumah Idaman

Dekorasi rumah mencerminkan cita rasa pemiliknya. Selain memberikan pengaruh fungsional dekorasi juga menambahkan estetika pada ruangan. Ada berbagai cara untuk memberikan kesan tertentu pada ruangan, seperti penggunaan wallpaper dinding yang pas antara gaya interior dan ruangannya. Umumnya untuk melapisi dinding hanya perlu di cat saja. Kala menggantinya dengan wallpaper dinding, maka rumah akan terlihat beda.

Wallpaper Untuk Rumah

Pemilihan Wallpaper Dinding yang Tepat

Penggunaannya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus pakai jasa pemasangan. Walau banyak yang jual wallpaper dinding sekaligus dengan pemasangan, jadi lebih mudah dan hemat. Faktanya, pilihan wallpaper tidak bisa asal pilih atau hanya mengikuti kesukaan penghuni rumah saja. Untuk mempermudah pemilihan wallpaper dinding yang cocok, berikut rekomendasi baik yang bisa dijadikan referensi dalam memilih wallpaper dinding yang sesuai untuk kebutuhan rumah Anda.

1. Sesuaikan dengan Bentuk Ruangan

Sebelum membeli wallpaper dan memasangnya terlebih dahulu lihat bentuk ruangan. Karena wallpaper biasanya dipilih karena keunggulan motifnya yang tidak dimiliki oleh lapisan cat. Oleh karena itu pastikan sesuai dengan bentuk bangunan. Misalkan ruangan yang sempit dengan plafon tinggi bisa pakai motif motif horizontal dan motif kecil untuk memberikan kesan yang lebih lega. Atau bisa juga memakai motif bunga yang renggang.

2. Pilihan Warna Disesuaikan Dengan Nuansa Yang Diinginkan 

Ada kesan tertentu yang diasosiasikan dengan pilihan warna. Putih, pink atau biru muda adalah warna lembut yang sering dianggap romantis. Ada juga warna netral seperti kecoklatan dan abu-abu yang umum digunakan untuk mempertegas kesan natural. Pilih warna wallpaper yang serasi dengan gaya interior yang sudah dipilih untuk diterapkan pada ruangan. Bahkan hanya dengan wallpaper dinding murah dapat memberikan kesan berkelas dan mewah, asalkan pas dengan keseluruhan atmosfir.

3. Pembatas Dan Pembeda

Bila memiliki ruangan luas yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, pemakaian wallpaper bisa untuk membedakan antara area satu dan lainnya. Banyak pilihan wallpaper dinding murah yang bisa diterapkan dengan apik pada ruangan. Seperti penempatan wallpaper pada ruang makan yang bersebelahan dengan dapur. Dengan demikian selain mempermanis ruangan juga bisa jadi penegas untuk fungsi tiap ruangan.

4. Kesesuaian Motif Dengan Fungsi Ruangan

Ruangan yang dipakai untuk kamar tidur sang buah hati tentu berbeda dengan pilihan di ruang tamu. Untuk kamar tidur anak bisa pakai opsi yang lucu dan atraktif seperti bunga, mainan atau bahkan warna-warna mencolok. Sedangkan pilihan motif pada ruang tamu bisa lebih formal dengan motif yang sederhana. Sangat penting memperhatikan fungsi dari tiap ruangan sebelum membeli dan mengaplikasan wallpaper pada dinding ruangan.

5. Mengetahui Jenis Wallpaper

Memiliki beberapa ruangan yang ingin dihias dengan wallpaper bukan berarti menggunakan warna dan motif yang sama disetiap ruangannya, walau seyogyanya hal tersebut akan memberikan tampilan harmonis yang menyatu. Pilih wallpaper dinding juga harus mengetahui jenisnya agar dapat benar-benar pas dan justru membuat wallpaper mudah rusak. Seperti penggunaan pelapis dinding ini dikamar mandi yang sebaiknya mudah dibersihkan dan tahan air. Sementara ruang tamu sering digunakan dan bisa pakai wallpaper yang berbahan kain untuk tampilan elegan dengan ketebalan yang pas untuk ruangan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *