Desain Rumah Makin Apik Dengan 4 Tips Merencanakan Anggaran Ini!

Pada mulanya rumah memiliki fungsi sebagai sarana tempat tinggal dalam jangka panjang. Agar tidak perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tidak terpengaruh dengan perubahan musim atau cuaca serta lebih mudah dalam melakukan sejumlah kegiatan yang memiliki basis di suatu tempat. Namun di zaman sekarang ini, inovasi mengenai desain dan gaya rumah semakin berkembang. Rumah tidak hanya dipandang sebagai hunian tempat tinggal saja, namun juga dimasukan unsur estetika serta fungsional yang lebih maksimal dengan menghadirkan rasa aman dan nyaman.

Mulai dari struktur bangunan, eksterior sampai ke interior seperti detail dinding pun turut mendapat perhatian lebih bagi para aksitektur dan penggiat bangunan. Makanya tidak heran kalau saat ini sudah menjamur toko wallpaper dengan beragam motif dan bahan. Yang tidak lain adalah untuk mendukung desain rumah.

Namun tidak sedikit pula yang mengabaikan keindahan dari desain rumah. Alasannya karena membutuhkan biaya lebih untuk mempercantik tampilan rumah. Masih banyak orang yang cenderung berpikir bahwa rumah bisa menjalankan fungsi tempat tinggal saja sudah cukup. Namun tetap, mereka memiliki keinginan untuk memiliki rumah apik dengan budget minim. Misalnya dengan mengganti cat dengan harga mahal menggunakan wallpaper. Banyaknya toko wallpaper dinding memberikan beragam pilihan harga dan kualitas yang bisa mengimbangi budget dan kebutuhan.

Desain Rumah

4 Tips Merencanakan Anggaran Untuk Mendesain Rumah

Namun hanya dengan meminimalisir budget saja tidak cukup untuk membuat rumah terlihat apik. Bagaimana jadinya bila budget mendesain rumah memang sedikit namun biaya perawatannya malah mahal? Sama saja bohong, kan. Maka dari itu berikut ini kami berikan beberapa tips merencanakan anggaran agar kamu bisa mendesain rumah kamu dengan apik tanpa takut biaya yang besar. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pick A Theme And Do Research!

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema atau gaya apa yang akan kamu gunakan sebagai konsep rumahmu. Apakah gaya minimalis, futuristik atau skandinavian. Mengapa memilih tema menjadi penting? Alasannya adalah tema akan mempengaruhi anggaran yang akan kamu keluarkan. Dengan tema tertentu, pastinya kamu butuh perabot dan warna cat dinding yang mendukung. Bila memungkinkan kamu bisa mengganti cat dinding dengan wallpaper. Jangan khawatir tidak dapat motif yang bagus dan sesuai. Sekarang ini toko wallpaper sudah banyak dan mudah kamu temukan. Lakukanlah riset terlebih dahulu. Bisa dengan cara browsing di internet atau dengan menjelajah beberapa jenis bangunan rumah agar kamu mendapatkan preferensi.

2. Catat Semua Keperluan 

Setelah kamu dan anggota keluarga berhasil menentukan tema apa yang akan kamu gunakan, maka langkah selanjutnya adalah mencatat keperluan pendukung tema tersebut. Usahakanlah catat secara rinci agar tidak ada budget tambahan di luar rencana. Pertimbangkanlah sedetil mungkin. Mulai dari rangka dan material konstruksi, furniture, instalasi listrik, partisi ruangan, peredam suara sampai detil ruangan dan cat dinding pun perlu kamu catat. Setelah itu mulailah hubungi relasi atau jasa kontraktor interior untuk mendiskusikan apakah yang kamu catat memang semuanya diperlukan. Mintalah pula saran untuk mendapatkan toko-toko dengan kualitas dan harga bersaing. Mereka biasanya lebih tahu dan bisa memberikan saran tentang toko wallpaper dinding, material bangunan dan furniture yang bisa kamu datangi.

3. Survei Harga

Seperti yang sudah disinggung pada poin kedua, mintalah saran dan pendapat kontraktor interior. Biasanya mereka lebih tahu ddan memiliki relasi yang luas. Dengan memiliki preferensi dari mereka kamu bisa menentukan sejumlah toko dan produsen material atau pun furniture yang kamu butuhkan untuk melakukan survei harga. Survei sangat penting kamu lakukan agar bisa memastikan kamu mendapatkan harga dan kualitas terbaik serta cocok dengan anggaran yang kamu miliki.

4. Retouch Perabotan Rumah Tangga

Jika ternyata gaya atau konsepan rumah masih memiliki beberapa kemiripan dengan perabotan yang sudah kamu miliki sebelumnya, kamu hanya perlu retouch perabotan kamu dibanding harus serba beli baru lagi. Selain meminimalisir anggaran, retouch perabotan yang sudah ada juga menghindarkan kamu dari menyia-nyiakan hal yang sudah ada. Sementara untuk beberapa hal yang memang seharusnya diganti, maka kamu tidak perlu bingung dan gelisah untuk mengganti. Namun untuk warna cat, jika masih bagus dan sesuai konsep kamu hanya perlu memperbaiki bagian yang sudah usang. Misalnya dengan menggantikannya dengan wallpaper dinding yang apik. Kamu bisa temukan motif yang cocok dengan mendatangi langsung toko wallpaper dinding.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *